Berikut Ini Cara Daftar dan Upload Aplikasi Di Google Playstore

Upload Aplikasi Google Playstore – Menjadi publisher aplikasi di google playstore ternyata mudah. Namun untuk dapat menjadi publisher aplikasi Anda harus melengkapi beberapa persyaratan agar aplikasi dapat berhasil tayang di google playstore dan di unduh oleh semua pengguna.

Tentang Publisher Google Play

Publisher google play yaitu seorang penerbit aplikasi pada produk google playstore mulai dari aplikasi android, buku elektronik, dan juga film. Untuk dapat mengupload salah satu produk tersebut Anda perlu memenuhi syarat yang berbeda-beda.

Cara upload aplikasi ke google playstore juga harus menggunakan akun yang berbeda dengan akun untuk menggunakan aplikasinya. Untuk dapat upload aplikasi di google playstore Anda perlu mengaktifkan akun Google Play Console atau google play developer.

Apa Itu Google Play Console ?

Google play console atau yang dulu sering di sebut godev adalah akun untuk pengembang aplikasi (khususnya Android). Anda dapat merilis atau mempublikasikan aplikasi ataupun game melalui google play console.

Simak Trivia Google Play Console

Cara agar dapat memiliki akun google play console yaitu Anda perlu membayar biaya pendaftaran awal sebesar $25 USD atau setara Rp.356.978 dengan menggunakan kartu kredit.

Hal ini di kutip dari situs resmi google play console:

“Untuk membuat akun, Anda harus membayar biaya pendaftaran satu kali sebesar $25. Anda mungkin diminta untuk memverifikasi identitas menggunakan ID yang valid guna menyelesaikan pendaftaran akun. Jika kami tidak dapat memverifikasi identitas Anda, biaya pendaftaran tidak akan dikembalikan”.

Setelah Itu Anda dapat menggunakan google play console untuk upload aplikasi android di google playstore. Adapun cara daftar akun google play seperti berikut.

Cara Daftar Google PLay Console

  1. Daftar lewat situs resmi Google PLay Console
  2. Buat akun developer baru dengan mengisi form yang berisi nama developer publik, email kontak kedua, nomor telepon
  3. Selanjutnya setujui perjanjian publisher dengan mencentang dua ceklis
  4. Ketuk “Buat Akun dan Bayar” untuk melanjutkan
  5. Masukan informasi debit atau kartu kredit
  6. Selesaikan pembayar

Seperti itu untuk cara daftar akun google play developer console. Hal yang perlu Anda pastikan adalah bahwa informasi kartu kredit benar dengan data diri Anda agar proses dapat berjalan dengan lancar.

Langkah selanjutnya, setelah Anda memiliki akun google play console dev silahkan upload aplikasi pertama Anda.

Cara Upload Aplikasi Ke Google Playstore

1. Login ke google play developer console

Login atau masuk ke akun google play console milik Anda dengan cara klik “Buka Konsol Play“. Lalu untuk upload aplikasi tekan tombol “Publish an Android Appon Google Play“.

2. Tentukan Opsi/Pilihan

Tentukan bahasa yang di gunakan di dalam aplikasi buatan Anda. Jika berbahasa internal silahkan pilih Bahasa Indonesia sebagai default language.

3. Upload Aplikasi

Ketuk tombol “Upload Apk” lalu unggah file apk android yang telah Anda siapkan beserta file keystore yang digunakan untuk membangun aplikasi. Pastikan Anda menyimpan file keystore untuk di kemudian hari jika perlu mengupdate aplikasi maka perlu menggunakan file keystore dari apk tersebut.

4. Siapkan Media Publikasi

Siapkan media berupa gambar icon untuk aplikasi yang akan Anda upload yang berukuran 512px x 512px (untuk icon) dan 1024px x 512px (untuk banner preview aplikasi).

5. Isi Data Kondisional

Setelah berhasil upload pastikan juga Anda mengisi data kondisional lain yang dibutuhkan, antara lain:

  • App Release, berisikan point-point penting yang terdapat pada aplikasi
  • Store Listing, informasi terkait asset yang terdapat pada aplikasi
  • Content Rating, yaitu data-data tambahan yang berhubungan dengan aplikasi
  • Data Pricing dan Distribution, merupakan informasi mengenai jenis aplikasi berbayar/gratis dan juga untuk menarget lokasi negara yang dapat mengunduh aplikasi

Seperti itulah syarat dan ketentuan untuk upload aplikasi android di google playstore termasuk cara uploadnya. Jika semua data aplikasi telah lengkap Anda dapat langsung mempublish apk Anda di google play.

Baca juga

PERHATIAN: Waspada dari berbagai macam modus penipuan, pastikan alamat kantor atau perusahaan sesuai dengan alamat terkait, MR-ADI tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apa pun terhadap rekrutmen disitus ini, apabila ada pihak yang mengatasnamakan MR-ADI atau perusahaan terkait meminta biaya seperti transportasi, administrasi, akomodasi, atau yang lainya bisa dipastikan itu palsu, MR-ADI hanya berusaha meneruskan informasi mengenai lowongan pekerjaan dari sumber gratis dan terpercaya sehingga teman teman bebas menyalin atau menyebarkan informasi ini.

Posting Komentar